Perancangan User Interface Pada Aplikasi E-Commerce Petshop Happypals Dengan Metode Desain Thinking

  • Choirun Nisa' UPN Veteran Jawa timur
  • Rajawali Shatika Anugrah Prasetya UPN Veteran Jawa timur
  • Cynthia Dwi Rahmadewi UPN Veteran Jawa timur
  • Muhammad Akbar Nurdianto UPN Veteran Jawa timur
  • Muhammad Hilmy Aziz UPN Veteran Jawa timur
  • Hendra Maulana UPN Veteran Jawa timur
Keywords: Design Thinking; User Interface; HappyPals; Hewan Peliharaan; Android;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi petshop HappyPals berbasis Android yang memudahkan pemilik hewan peliharaan dalam memenuhi kebutuhan hewan peliharaan mereka. Menggunakan metode Design Thinking, penelitian ini melalui lima tahapan utama: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Proses empathize melibatkan survei untuk memahami kebutuhan pengguna, yang kemudian didefinisikan dan dianalisis pada tahap define. Pada tahap ideate, ide-ide kreatif dikumpulkan melalui brainstorming untuk mengembangkan solusi yang efektif. Prototype dibuat untuk menguji desain , dan kemudian diuji kepada pengguna untuk mendapatkan feedback. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi HappyPals dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna dalam berbelanja produk hewan peliharaan secara online, dengan fitur lengkap seperti informasi produk, fitur komunitas, konsultasi gratis, layanan pengiriman, dan sistem ulasan produk. Uji coba prototype menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah dipahami dan diterima dengan baik oleh pengguna, dengan mayoritas responden menyatakan aplikasi ini sangat mudah dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Lessing, “Tentang Kucing, Tentang Manusia,” 2016. https://basabasi.co/tentang-kucing-tentang-manusia/

Y. Rebecca, “PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE INDEX, KEPEMILIKAN KELUARGA, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP BIAYA EKUITAS DAN BIAYA UTANG: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI,” pp. 52–60, 2012.

A. M. Abdillah, R. Rianto, and N. I. Kurniati, “Penerapan Metode Haversine Pada Aplikasi Layanan Perbaikan Kendaraan Berbasis Location Based Service,” JUITA J. Inform., vol. 7, no. 2, p. 81, 2019, doi: 10.30595/juita.v7i2.4141.

B. Vallendito, “Pemodelan User Interface Dan User Experience Menggunakan Design Thinking,” p. 82, 2020.

M. H. I. Syafiq and F. Rahma, “Usability Testing pada Fitur Saved Design dalam Website E-Commerce,” Automata, vol. 2, no. 2, 2021.

A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.

W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,” ARRUS J. Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2021, doi: 10.35877/jetech532.

N. L. Junaedi, “Mengenal Design Thinking: 4 Elemen dan Cara Mengaplikasikan,” 2022. https://www.ekrut.com/media/design-thinking-adalah

M. N. N. Sitokdana and A. R. Tanaamah, “Strategi Pembangunan e-Culture di Indonesia,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, 2016, doi: 10.28932/jutisi.v2i2.439.

V. Adhiazni, “Perancangan Ulang Desain User Interface dan User Experience pada Aplikasi Schoters Menggunakan Metode Goal-Directed Design.,” Repository.Uinjkt.Ac.Id, p. 197, 2020, [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56470

F. NKD, “Pengertian Design Thinking dan 5 Tahapan di Dalamnya,” 2021. https://www.logique.co.id/blog/2021/01/07/pengertian-design-thinking/

A. Mursyidah, I. Aknuranda, and H. M. Az-Zahra, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, pp. 3931–3938, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

F. R. Isadora, B. T. Hanggara, and Y. T. Mursityo, “Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 5, pp. 1057–1066, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021844550.

A. Fikriyya and R. T. Dirgahayu, “Implementasi Prototyping dalam Perancangan Sistem Informasi Sekolah Desa Pendar Foundation Yogyakarta,” J. Autom., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2020.

Published
2024-09-30
How to Cite
Nisa’, C., Anugrah Prasetya, R. S., Rahmadewi, C. D., Nurdianto, M. A., Aziz, M. H., & Maulana, H. (2024). Perancangan User Interface Pada Aplikasi E-Commerce Petshop Happypals Dengan Metode Desain Thinking . Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 3(2), 57-69. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v3i2.28